5 Cara Layering Moisturizer yang Tepat untuk Kulit Jadi Lembap Maksimal

5 Cara Layering Moisturizer yang Tepat– Terdengar sepele, namun pemakaian pelembap dapat memberikan dampak signifikan pada kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan kulit yang tercukupi kelembapannya lebih tidak mudah rusak, tidak mudah berjerawat, mudah kembali normal jika terjadi breakout, mendapatkan tampilan makeup yang lebih flawless, dan masih banyak lagi manfaatnya. Dapatkan kulit yang menjadi lembap maksimal dengan 5 cara layering moisturizer yang tepat seperti di bawah ini.

Kulit lembap maksimal dengan cara tepat layering moisturizer

 

1. Kenali terlebih dahulu jenis kulit sebelum memilih pelembap yang tepat

Sebelum berbicara mengenai pelembap yang tepat, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal jenis kulitmu sendiri. Hal ini termasuk penting, sebab beda jenis kulit berbeda pula kebutuhan pelembapnya.

Kulit kering membutuhkan pelembap yang mengandung oil agar mampu menahan kelembapan lebih lama. Sedangkan, tipe kulit berminyak membutuhkan pelembap yang ringan dan berbahan dasar air agar tidak menambah jumlah minyak terlalu banyak pada wajah. Sedangkan bagi kulit normal, sesuaikan pelembap dengan kondisi dan kecocokan kulitmu, ya.

KONTAK CS : 08995000171

2. Kandungan occlusive pada moisturizer, efektif untuk melembapkan namun teksturnya cukup pekat

Moisturizer atau pelembap umumnya terdiri dari tiga jenis, yaitu occlusive, humectant, dan emollient. Ketiganya memiliki karakter dan fungsi yang berbeda – beda namun saling melengkapi.

Pelembap dengan tipe occlusive bekerja dengan cara menahan kelembapan pada kulit dengan membentuk lapisan di atas kulit yang mecegah terjadinya evaporasi air dari kulit. Tingkat kefektifan pelembap jenis ini dalam mencegah evaporasi air bahkan dapat mencapai 98%.

Sayangnya, pelembab occlusive cenderung berat dan kurang nyaman untuk digunakan sebagai pelembab sehari –hari serta mudah sekali greasy. Contoh zat pelembap yang termasuk tipe occlusive adalah: petroleum jelly, mineral oil, silicones, dimethicone, vegetable oils, cetyl alcohol, stearyl alcohol, stearic acid, candelilla wax, dan juga beeswax.

KONTAK CS : 08995000171

3. Kandungan humectant pada moisturizer, mempunyai kandungan air yang ringan dan cocok untuk kulit berminyak



Ini dia sahabat karib para pemilik kulit berminyak. Pelembap dengan kandungan humectantseringkali disebut water based moisturizer karena cara kerjanya adalah menarik dan mengumpulkan air dari lingkungan sekitar ke dalam kulit, sehingga kulit terhidrasi dan lembab.

Pelembap ini terasa ringan, mudah meresap, dan tidak mudah greasy. Sayangnya humectant tidak mampu terlalu lama menahan air dari evaporasi sehingga seringkali formulasinya dikombinasikan dengan tipe occlusive. Contoh pelembap tipe humectant adalah: glycerol, urea, hyaluronic acid, ethylene glycol, propylene glycol, sorbitol, pathenol, honey, aloe vera, dan juga seaweed.

KONTAK CS : 08995000171

4. Kandungan emollient pada moisturizer, melembutkan sekaligus memperbaiki kulit yang rusak

Kandungan pada pelembap yang satu ini akan melembapkan kulit dengan cara mengisi celah-celah sel kulit yang kosong dan membantu memperbaiki kerusakan. Sehingga menghasilkan efek kulit yang lebih halus dan lembut. Kemampuan emollient dalam menahan penguapan air dapat dikatakan lebih baik dari humectant karena emollient berbahan dasar lemak dan minyak.

Beberapa contoh emollient adalah: cyclomethicone, dimethicone, isopropyl palmitate, isopropyl isostearate, castor oil, glyceryl stearate, jojoba oil, propylene glycol, dan vitamin E. Seringkali formulasi pelembap mengombinasikan humectant dengan emollient agar teksturnya tetap ringan namun mampu menjaga kelembapan lebih lama.

KONTAK CS : 08995000171

5. Cara layering yang tepat untuk kulit menjadi lebih lembap

Pada umumnya pelembap yang dijual bebas mengombinasikan lebih dari satu jenis zat pelembap, sehingga tanpa melakukan layering-pun mungkin sudah cukup. Namun, pada sebagian orang yang merasa belum cukup mencapai kelembapan yang diinginkan.

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengaplikasikan pelembap dengan komposisi humectant yang lebih banyak. Misalnya Hada Labo Perfect 3D Gel dengan kandungan Hyaluronic Acid yang tinggi. Setelah itu, lapisi dengan pelembap yang mengandung emollient seperti Dr. Jart+ Ceramidin.

KONTAK CS : 08995000171

Bagaimana? Apakah kebutuhan pelembapmu sudah sesuai dan tercukupi? Kalau belum cukup, simak rekomendasi produk agar kulitmu semakin lembap maksimal.

Related Search

author
Author: 

    Related Post "5 Cara Layering Moisturizer yang Tepat untuk Kulit Jadi Lembap Maksimal"

    Yuk Ubah 7 Kebiasaan Yang Menjadi Penyebab Kulit Kusam
    Penyebab Kulit Kusam - Wajah yang cerah,
    7 Ciri-ciri Kosmetik Berbahaya yang Wajib Kamu Hindari
    7 Ciri-ciri Kosmetik Berbahaya yang Wajib Kamu