18 Cara Membuat Wajah Cerah dan Bersinar

No comment 232 views

18 Cara Membuat Wajah Cerah – Keuntungan memiliki wajah yang cerah bagi seorang wanita adalah mereka tidak lagi memerlukan banyak makeup apalagi harus bolak-balik berdandan ke kamar untuk touch up bedak dan krim pencerah wajah lagi. Penggunaan produk pencerah wajah sah-sah saja dan bergantung kebutuhan setiap orang. Memang bukan perkara yang mudah untuk selalu menjaga kulit wajah agar tidak kumal dan kusam. Banyak cara memutihkan wajah, cara mencerahkan wajah, cara melembabkan kulit wajah dan cara menghilangkan jerawat terbaik.

Jika kulit terkena asap rokok, kurang minum, tidak pernah dirawat, dan sering berjibaku dengan polusi udara. Aduuuh, bisa dibayangkan sendiri ya kulit wajah seperti apa! Mungkin kamu merupakan satu di antara jutaan wanita di dunia ini yang berpikir ingin memiliki kulit wajah cerah yang bertahan lama, tetapi bingung hendak memulai dari mana.

Dengan gaya hidup yang kita jalani sekarang ini, memiliki kulit yang tanpa cacat bisa jadi hanya sekedar mimpi. Kulit yang gelap dan kusam bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi, kondisi medis, kulit kering, stres, gaya hidup yang buruk dan penggunaan kosmetik berbahan kimia yang lama. Banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan kulit yang lebih baik, lebih putih, cerah dan tampak sehat, terutama kaum wanita yang selalu ingin memiliki penampilan terbaik. Merawat kulit adalah suatu hal yang perlu dan penting untuk dilakukan untuk melindungi kondisi kulit kita.

Warna kulit yang menjadi kusam dan gelap disebabkan oleh akumulasi dari sel – sel kulit mati dan kerusakan yang dialami akibat berbagai faktor luar dan juga dari dalam tubuh. Membersihkan atau mengeksfoliasi kulit menggunakan masker dan scrub menjadi salah satu cara untuk memastikan bahwa semua kotoran di kulit wajah menghilang bersama dengan sel kulit mati. Anda dapat memperoleh cara membuat wajah cerah dengan berbagai cara, namun tentunya harus dipastikan keamanannya.

Kulit Cerah Dengan Perawatan Kulit Sehari – hari

Jika Anda ingin mendapatkan cara membuat wajah cerah, membiasakan diri untuk merawatnya dalam kegiatan sehari – hari dalam perawatan dasar akan membantu kulit tetap cerah dan kencang. Cara perawatan wajah sehari – hari yang perlu dilakukan yaitu:

1. Menggunakan tabir surya

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan segala macam kekacauan pada rona wajah Anda mulai dari bintik – bintik hingga noda hitam dan kulit yang terbakar matahari dan kanker kulit. Jika ingin melakukan cara membuat wajah cerah, Anda perlu menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF tinggi. Kulit yang terekspos sinar UV A dan B akan memproduksi melanin sehingga tampak lebih gelap dan menjadi penyebab kulit susah putih dan cerah. Tabir surya akan menjadi perlindungan yang tepat untuk kulit kemanapun Anda pergi pada siang hari, juga cara merawat wajah agar tidak kusam. Anda juga dapat melindungi wajah dengan menggunakan topi, kacamata hitam atau payung dan scarf.

2. Membersihkan dan melembabkan kulit

Menjaga kulit dengan baik melibatkan rutinitas penggunaan produk perawatan kulit dimana kulit dibersihkan dengan benar, dieksfoliasi dan dilembabkan. Membersihkan wajah dua kali sehari akan menghilangkan kotoran dan minyak yang sangat penting untuk menampilkan rona wajah yang sehat dan juga menjadi cara mencerahkan kulit wajah. Gunakan pelembab yang cocok dengan tipe kulit Anda. Jika memiliki kulit berminyak atau mudah berjerawat, Anda perlu menggunakan produk yang ringan, sedangkan orang yang memiliki kulit sangat kering harus menggunakan pelembab yang mengandung lebih banyak bahan.



3. Eksfoliasi kulit

Manfaat eksfoliasi wajah sangat penting untuk menghilangkan warna kulit yang gelap, sel kulit mati dan menampakkan kulit yang baru dan menjadi tips mencerahkan wajah. Untuk kulit yang mudah berjerawat, gunakan pengelupas berbahan alami seperti salicylic acid yang akan meluruhkan sel kulit mati tanpa menstimulasi kulit secara berlebihan.

4. Minum banyak air

Minum air dan makan dengan benar tidak akan secara otomatis membuat kulit lebih cerah, namun akan membantu kulit dalam proses peremajaannya. Ketika kulit sedang meremajakan diri, lapisan kulit yang gelap akan memudar dan menampilkan kulit yang lebih segar sehingga tampak lebih sehat dan cerah. Minum banyak air putih akan mempercepat proses ini, jadi cobalah untuk meminum air sebanyak 6-8 gelas dalam sehari.

5. Menjaga asupan gizi

Susunan menu makanan yang baik juga akan membantu untuk cara merawat kulit agar tetap sehat dengan memastikan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan. Cobalah untuk sebanyak mungkin buah segar dan sayuran khususnya yang mengandung vitamin A, C dan E tinggi dan menjauhi makanan olahan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung bahan – bahan seperti ekstrak biji anggur yang menyediakan manfaat antioksidan dan juga biji rami atau minyak ikan yang keduanya mengandung asam lemak omega 3 dan sangat baik untuk rambut, kuku dan kulit.

6. Berhenti merokok

Semua orang mengetahui bahwa merokok adalah buruk untuk kesehatan akan tetapi tidak semua orang mengetahui akibatnya terhadap kulit. Merokok dapat menyebabkan penuaan dini, menyebabkan garis – garis halus dan keriput. Merokok juga menghambat peredaran darah ke wajah dan menyebabkan wajah berwarna keabu – abuan. Berhenti merokok merupakan cara merawat wajah agar awet muda.

Mencerahkan Wajah dengan Berbagai Produk

Tidak hanya melakukan berbagai perawatan dasar yang perlu dikerjakan untuk sehari – hari, penggunaan produk untuk perawatan wajah pun menjadi satu hal yang perlu dilakukan untuk menunjang cara membuat wajah cerah.

1. Gunakan krim pencerah wajah

Ada banyak sekali krim pencerah wajah atau cream pemutih wajah yang bagus yang terdapat di pasaran, dan semua memiliki cara kerja yang sama yaitu dengan mengurangi pigmen melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap dan bernoda hitam. Cara memilih krim perawatan yang bagus antara lain:

  • Perhatikan kandungan didalamnya, cari produk yang mengandung kojic acid, glycolic acid, alpha hydroxy acid, vitamin C atau arbutin.
  • Produk – produk ini cenderung aman digunakan, namun pastikan untuk mengikuti cara penggunaan pada kemasan dan hentikan segera jika kulit mengalami reaksi buruk.
  • Jangan gunakan krim pemutih yang mengandung merkuri sebagai bahan aktifnya. Krim kulit yang berbasis merkuri dilarang, namun masih ada saja produsen yang menggunakannya sebagai bahan aktif dalam produknya. Anda bisa melakukan tes cream yang mengandung mercury atau tes krim bermekuri dengan air yang sudah terbukti ampuh untuk menghindari cream yang mengandung merkuri dan hidroquinon.

2. Gunakan krim yang mengandung retinoid

Krim retinoid terbuat dari bentuk asam vitamin A dan dapat menjadi cara mencerahkan kulit dengan meluruhkan kulit dan mempercepat pergantian sel.

  • Tidak hanya krim retinoid dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan kulit yang belang, manfaatnya juga dapat menjadi cara menghilangkan keriput dan garis halus, meningkatkan penampilan kulit agar tampak lebih cerah dan muda. Retinoid dalam konsentrasi tinggi juga dapat membantu menghilangkan jerawat.
  • Pada awalnya krim retinoid akan menyebabkan kekeringan, kemerahan dan kulit mengelupas namun gejala – gejala ini seharusnya akan menghilang ketika kulit sudah terbiasa dengan produk tersebut. Retinoid juga membuat kulit menjadi lebih sensitif pada sinar matahari, jadi Anda sebaiknya mengaplikasikan krim retinoid pada malam hari dengan memilih merk cream malam yang bagus untuk mencerahkan wajah dan pastikan untuk menggunakan tabir surya di siang hari.
  • Krim retinoid hanya bisa didapat dengan resep dokter, jadi Anda perlu berkonsultasi dengan dokter kulit sebelumnya. Ada pula versi krim retinoid lain yang efeknya tidak terlalu kuat, bernama retinol yang mudah didapatkan di berbagai konter kecantikan. Pilihlah cream pemutih wajah yang aman.

3. Lakukan chemical peeling

Prosedur chemical peeling dapat menjadi sangat efektif untuk cara membuat kulit cerah, cara mengatasi kulit kusam dan cara meratakan warna kulit. Cara kerjanya dengan menghilangkan lapisan atas kulit yang berwarna gelap atau belang, sehingga menampakkan kulit yang lebih segar dan cerah.

  • Dengan chemical peeling, bahan yang mengandung asam diaplikasikan ke kulit dan dibiarkan selama 5-10 menit.
  • Proses ini mungkin menyebabkan rasa tergelitik, menyengat atau terbakar pada kulit yang seringkali membuat kulit memerah dan tampak bengkak selama beberapa hari setelahnya.
  • Satu seri chemical peeling yang berjarak 2-4 minggu jauhnya biasanya direkomendasikan. Selama waktu ini, penting untuk menghindari sinar matahari dan menggunakan tabir surya karena kulit sedang sangat sensitif.

4. Cobalah mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah suatu alternatif yang bagus untuk orang – orang dengan ciri – ciri kulit sensitif pada pengelupasan dan krim. Pada dasarnya mikrodermabrasi mengelupas atau memoles kulit, menghilangkan kekusaman, lapisan yang lebih gelap dan membuat kulit lebih terang dan segar. Secara singkat, metode ini bekerja dengan alat mirip vakum yang diaplikasikan ke kulit wajah untuk menyedot sel kulit mati. Perawatan ini biasanya memakan waktu antara 15-20 menit.

5. Pertimbangkan hydroquinone

Hydroquinone adalah krim pemutih kulit yang sangat efektif dan dapat digunakan untuk mencerahkan berbagai area pada kulit termasuk kulit wajah. Namun Anda harus menggunakan produk berbahan ini untuk berhati – hati karena dapat menyebabkan kanker dan perubahan warna kulit permanen. Konsentrasi hydroquinone hingga 2% merupakan batas aman dan banyak ditemukan pada krim yang dijual bebas, sementara yang melebihi itu memerlukan resep dokter.

Mencerahkan Wajah dengan Bahan Alami

Bahan – bahan alami yang dapat menjadi cara membuat wajah cerah selalu bisa menjadi pilihan Anda. Cobalah beberapa bahan alami yang mudah didapatkan untuk mencerahkan wajah dengan cara berikut ini.

1. Lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon meriupakan agen pemutih kulit alami. Cara menggunakan lemon secara alami yaitu:

  • Peras air dari setengah lemon dan encerkan dengan air.
  • Celupkan kapas ke. dalam cairan dan oleskan ke wajah Anda.
  • Biarkan sari lemon di kulit wajah selama 15-20 menit
  • Bilas wajah dengan menyeluruh lalu gunakan pelembab.
  • Ulangi perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu, jangan berlebihan.

2. Kunyit

Bumbu tradisional yang biasa digunakan untuk memasak ini dipercaya dapat menghambat produksi melanin dan mencegah kulit menjadi gelap.

  • Campur bubuk kunyit dengan minyak zaitun dan tepung chickpea hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta pada kulit dengan gerakan melingkar untuk mengeksfoliasi kulit.
  • Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.
  • Ulangi perawatan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

3. Kentang

Kentang memiliki manfaat memutihkan kulit berkat kandungan vitamin C didalamnya. Cara memutihkan wajah dengan kentang yaitu:

  • Kupas satu butir kentang dan cuci bersih, lalu potong menjadi dua bagian.
  • Gosokkan kentang pada kulit wajah Anda.
  • Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas.
  • Anda dapat mengulangi cara ini beberapa kali dalam seminggu.

4. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit wajah adalah untuk menenangkan, meringankan kemerahan dan memudarkan perubahan warna kulit. Oleskan gel lidah buaya pada kulit wajah, biarkan beberapa saat dan bilas sampai bersih.

5. Air Kelapa

Air kelapa diklaim sebagai pemutih kulit yang efektif dan juga dapat membuat kulit tampak kenyal dan lembut. Cara menggunakannya cukup dengan mencelupkan kapas ke dalam air kelapa dan gunakan untuk mengoleskannya ke wajah. Anda tidak perlu membilasnya karena air kelapa tidak lengket pada kulit.

6. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin A, C dan E dan juga mengandung fungsi AHA untuk kulit serta manfaat AHA untuk kulit, yaitu bahan utama dalam formula anti penuaan.

  • Potong pepaya matang secukupnya menjadi dua lalu buang biji dan kulitnya.
  • Tambahkan setengah cangkir air, lalu blender sampai menjadi puree.
  • Simpan puree pepaya dalam kontainer kecil dan masukkan ke lemari es.
  • Gunakan pada kulit tiga kali dalam seminggu.

7. Madu

Manfaat madu untuk kulit yaitu membantu memutihkan dan melembabkan kulit, memudarkan bintik – bintik karena usia dan bekas jerawat.

  • Oleskan madu murni ke wajah lalu biarkan selama beberapa menit.
  • Bilas dengan air hangat untuk menghilangkan sel kulit mati.
  • Lakukan perawatan ini satu kali sehari.

Cara membuat wajah cerah bisa Anda dapatkan jika mengikuti cara – cara yang telah dibahas di atas. Membuat kulit wajah cerah tidak bisa hanya dilakukan dengan make up saja, namun harus berupa suatu usaha secara keseluruhan untuk mendapatkan hasilnya. Tetaplah menggunakan takaran yang sudah dianjurkan sebelumnya untuk menghindari kemungkinan adanya efek samping buruk pada kulit seperti efek samping lemon untuk wajah. Mendapatkan wajah yang cerah memang tidak akan dapat dilihat dalam satu hari namun memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa melihat hasilnya. Karena itulah, kesabaran dan ketelatenan Anda dibutuhkan.

Segala usaha tidak ada yang sia-sia apabila dilakukan secara bertahap, disiplin, dan terus berinovasi.

Mungkin di antara kamu berpendapat bahwa mencerahkan wajah merupakan langkah yang sulit, bahkan menunggu waktu cukup lama. Mencerahkan kulit, memutihkan kulit bahkan menghilangkan jerawat bisa dilakukan oleh siapa saja, memiliki kulit wajah yang cerah dan putih dapat dimiliki oleh siapa saja pastinya dengan usaha dan ketelatenan dalam perawatan yaa.

Semoga informasi yang lookthebeauty sajikan hari ini bermanfaat untuk kalian semua, smoga bisa menjadi solusi untuk kalian semua yang ingin memiliki kulit wajah yang cerah dan bersih. Tetep stay tune yaa untuk informasi lainnya 🙂 keep beauty 🙂

Related Search

author
Author: