20 Cara Mengecilkan Pori – Pori Wajah dan Menghilangkan Komedo Efektif

20 Cara Mengecilkan Pori – Pori Wajah – Memunyai pori-pori wajah yang terlihat besar tentu membuat tingkat kepercayaan diri menurun apalagi jika terjadi pada perempuan. Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memang lebih menjaga penampilan dan kecantikan, terutama kecantikan wajah dan badan mereka. Terkadang untuk mempercantik penampilan, perempuan sering kali menggunakan make up. Pori-pori atau titik-titik yang ada di permukaan kulit sebenarnya adalah folikel rambut yang terbuka, dan setiap folikel mengandung kelenjar minyak.

Hal yang harus banget diketahui wanita adalah meski make up berguna untuk mempercantik wajah, ternyata dapat menjadi faktor pori-pori kulit terlihat lebih besar atau membesar. Hal ini dikarenakan make up menutupi kelenjar minyak sehingga sel kulit mati menjadi terperangkap dalam folikel. Terlihat besarnya pori-pori seseorang juga bisa disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet. Bisa juga dikarenakan kadar kolagen yang menurun yang biasanya terjadi pada orang tua.

Ketika kulit memproduksi terlalu banyak minyak dan bercampur dengan sel kulit mati di pori – pori, maka akan membentuk penyumbatan yang menyebabkan pori membesar. Jika minyak terjebak bersama dengan sel kulit mati dan teroksidasi, maka akan terbentuk komedo hitam. Komedo hitam atau komedo terbuka dapat membuat pori – pori yang kecil terbuka secara permanen. Menghilangkan komedo hitam secara manual merupakan hal yang cukup sulit. Setiap kali Anda berhasil menangani satu bagian wajah, masih banyak lagi komedo bermunculan di bagian lain terutama di hidung dan dagu.

Komedo akan terlihat jelas sehingga membuat kulit wajah tidak lagi terlihat mulus. Meskipun ditutupi dengan bedak dan alas bedak, biasanya komedo hitam di hidung akan tetap terlihat berbintik – bintik putih dan membuat Anda sulit mengaplikasikan make up dengan mulus. Memiliki komedo bukan berarti bahwa kulit Anda terlalu kotor, jadi membersihkan kulit dengan keras bukanlah solusinya dan tidak akan berhasil, walaupun untuk cara menghilangkan komedo batu atau cara menghilangkan komedo putih secara permanen.

Perawatan untuk Masalah Pori Kulit dan Komedo

Ukuran pori – pori kulit memang ditentukan secara genetis, namun kondisi yang tersumbat akan memperburuknya. Walaupun demikian, Anda dapat meminimalkan penampilan pori – pori yang membesar dengan efektif dan menyusutkannya lagi ke ukuran normal dengan melakukan perawatan yang tepat. Para ahli kecantikan memiliki pendapat dan saran sendiri mengenai cara mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo:

1. Memilih produk perawatan kulit yang tepat

Jangan menggunakan sabun batang untuk mencuci muka ataupun produk perawatan kulit lainnya yang dapat menyumbat pori – pori. Kandungan bahan – bahan yang dapat menahan sabun agar tetap berbentuk solid bisa menyumbat pori – pori. Anda juga harus menghindari produk yang terlalu banyak mengandung emolient, seperti krim yang terlalu kental dan berminyak khususnya jika Anda memiliki kulit yang berminyak. Hanya gunakan pembersih yang lembut dan berbahan dasar air, hindari produk yang dapat mengeringkan, dan mengandung bahan kimia keras yang akan membuat kulit berminyak semakin buruk.

2. Hindari produk yang kasar

Komedo tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan scrub yang berbutiran kasar. Scrub yang mengandung butiran kasar tersebut justru dapat membuat kulit menjadi kering serta mengelupas, sehingga menciptakan sel kulit mati lagi yang akan menumpuk dan menyumbat pori – pori, sehingga cara menghilangkan komedo blackhead tidak dapat dilakukan dengan menggunakan bahan kasar tersebut.



3. Membersihkan wajah

Wajah sangat perlu dibersihkan secara teratur untuk menghindari penumpukan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori kulit wajah. Keengganan untuk membersihkan wajah dengan menyeluruh akan mendatangkan masalah pada kulit wajah Anda, yaitu memperburuk kondisi pori – pori yang tersumbat. Membersihkan wajah secara teratur akan menjadi cara menghilangkan komedo secara alami.

4. Mengeksfoliasi wajah

Anda dapat mengelupas kulit wajah dengan menggunakan cairan yang non abrasi dan berupa cairan mengandung salicylic acid atau BHA untuk meluruhkan permukaan kulit mati yang menumpuk di pori – pori, membuka pori – pori dan mengurangi resiko terbentuknya komedo hitam. BHA dapat membantu eksfoliasi hingga ke dalam pori – pori dan akan membantu mengembalikan ukuran pori – pori seperti biasanya dan memungkinkan produksi minyak yang lebih seimbang.

5. Gunakan niacinamide

Penelitian yang menyatakan kegunaan niacinamide untuk kulit memberikan hasil yang sangat memuaskan. Anda dapat menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Ketika pori – pori telah dikembalikan kepada ukuran normal, niacinamide dapat membantu menyediakan penampilan yang lebih kencang dengan meningkatkan kualitas kesehatan kulit.

6. Gunakan strip komedo

Saat ini ada strip komedo yang dapat digunakan secara langsung dan bisa Anda dapatkan di toko – toko kosmetik maupun supermarket dengan mudah. Cara ini lebih praktis untuk menghilangkan komedo dalam waktu singkat, terutama bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk merawat wajah. Akan tetapi, komedo dapat muncul kembali kecuali Anda melakukan cara perawatan kulit yang tepat dan rutin sebagai cara pencegahan.

7. Melakukan mikrodermabrasi

Cara mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo profesional ini dapat memberi bantuan sangat besar untuk masalah Anda. Mikrodermabrasi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan manfaat eksfoliasi wajah dengan cara yang lebih praktis dan modern.

8. Melakukan chemical peeling

Prosedur chemical peeling mirip dengan prosedur facial biasa, namun menggunakan bahan kimia untuk mengelupas kulit wajah dan merupakan salah satu perawatan wajah modern yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dan pori – pori besar di kulit wajah.

9. Melakukan perawatan microneedling

Microneedling adalah cara merawat kulit dengan menggunakan jarum – jarum kecil berukuran mikro. Manfaatnya dapat mengurangi keriput, bekas jerawat, bahakn stretch mark dengan menciptakan robekan – robekan kecil di kulit. Melukai kulit memicu kemampuan kulit untuk menyembuhkan, antara lain untuk memproduksi kolagen baru untuk menghaluskan keriput.

10. Menggunakan tabir surya

Sinar matahari akan menghancurkan kolagen di kulit Anda, yang bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kencang serta elastis, maka Anda akan mendapatkan pori – pori yang besar dan kulit yang lebih meregang setelah mengalami ekspos berulang dari sinar matahari. Gunakan tabir surya yang mengandung minimal SPF 30 setiap pagi. Cara menghilangkan komedo dengan timun, manfaat lemon untuk komedo, adalah dua cara menghilangkan flek hitam di hidung yang dapat Anda coba juga.

11. Melakukan perawatan laser

Laser merupakan solusi yang luar biasa untuk cara mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo. Ada beberapa metode laser yang dapat digunakan untuk kulit wajah, seperti laser Genesis. Metode laser ini adalah perawatan yang menutup lubang mikroskopik pada kulit untuk mengatasi masalah bekas jerawat yang dalam dan pori – pori tidak seimbang. Metode ini merupakan laser yang kurang invasif daripada laser dengan metode Fraxel. Laser Genesis jauh lebih ringan dengan menstimulasi lapisan terdalam kulit untuk menghaluskan dan membuat kulit menjadi kenyal dengan rasa sakit seminimal mungkin. Jadi Anda akan mendapatkan manfaat dari retinol, tabir surya, dan asam dalam sekali perawatan sekaligus. Anda membutuhkan setidaknya tiga sesi perawatan laser ini untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Cara Membersihkan Wajah yang Benar

Cara mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo dapat dilakukan jika Anda mempertahankan cara membersihkan wajah yang benar setiap harinya. Berikut ini langkah – langkah untuk membersihkan wajah yang benar yaitu:

1. Langkah pertama

Bersihkan wajah Anda dua kali sehari dengan pembersih wajah ringan yang mengandung salicylic acid. Oleskan pembersih pada kulit yang lembab dengan gerakan melingkar lembut, lalu bilas secara menyeluruh dengan air hangat. Keringkan dengan ditepuk – tepuk menggunakan waslap bersih.

2. Langkah kedua

Celupkan kapas di dalam toner dan usapkan dengan lembut melintasi wajah Anda setelah mencuci wajah dan menghilangkan kelebihan minyak dari pori – pori Anda. Cara menghilangkan komedo hitam ini dapat dilakukan dengan memastikan wajah Anda selalu bersih setiap harinya.

3. Langkah ketiga

Lembabkan wajah dengan produk pelembab oil free dan non komedogenik , atau pelembab yang mengandung minimal SPF 30 atau lebih tinggi untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari, terutama jika Anda hendak keluar rumah di siang hari.

4. Langkah keempat

Rawatlah wajah Anda dengan masker yang dapat merawat pori – pori satu kali dalam seminggu. Bilas masker setelah waktu yang ditentukan dan tepuk wajah untuk mengeringkannya dengan lap tangan yang lembut. Masker dengan bahan alami juga dapat Anda coba, seperti cara menghilangkan komedo dengan baby oil, manfaat tomat untuk komedo, dan cara menghilangkan komedo dengan baking soda.

5. Langkah kelima

Gunakan produk yang mengandung glycolic acid atau salicylic acid untuk eksfoliasi wajah pada kulit Anda hingga tiga kali dalam setiap minggunya, bersihkan secara menyeluruh dan keringkan dengan cara di tepuk – tepuk. Produk ini dapat menjadi cara menghilangkan komedo dalam waktu 1 hari secara alami.

6. Langkah keenam

Anda dapat menemui dokter kulit yang ahli untuk mendapatkan resep krim yang mengandung retinoid atau memilih krim retinoid yang sudah banyak terdapat di toko kosmetik. Retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A merupakan cara yang sangat bagus untuk membersihkan pori – pori tersumbat dan mencegah komedo terbentuk kembali. Retinoid yang diresepkan merupakan bahan yang paling efektif, namun ada juga produk yang dijual bebas memiliki manfaat yang tidak kalah baiknya. Oleskan krim tersebut 20 menit setelah mencuci muka setiap malam. krim ini dapat menjadi cara menghilangkan komedo di dagu, cara menghilangkan komedo putih di pipi, dan cara menghilangkan komedo putih di hidung.

7. Langkah ketujuh

Gunakan primer berbahan silikon sebelum menggunakan Foundation yang akan mengisi pori – pori besar hingga wajah terlihat mulus dan tidak terlihat pori – pori besar pada wajah. Anda juga dapat mencoba cara alami seperti cara menghilangkan komedo dengan jeruk nipis, cara menghilangkan komedo dengan garam, cara menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan komedo, dan cara membersihkan komedo dengan pasta gigi pepsodent.

Bahan Alami untuk Merawat Pori – pori dan Komedo

Anda juga dapat mencoba berbagai bahan alami untuk cara mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo. Bahan – bahan ini tentu saja memiliki resiko minimal dan tidak memerlukan biaya yang besar, Anda bahkan dapat melakukannya sendiri di rumah.

1. Steaming

Manfaat menguapi wajah setiap hari adalah cara yang bagus untuk mempersiapkan kulit bagi pembersihan mendalam. Menguapi wajah akan membuka pori – pori dan melepaskan minyak berlebih serta berbagai kotoran lain di dalam pori.

  • Rebus air dalam panci besar sampai mendidih.
  • Pindahkan air ke dalam baskom dan letakkan di meja.
  • Anda dapat menambahkan herbal seperti kamomil, lavender atau rosemary jika suka.
  • Tempatkan wajah Anda dengan hati – hati dengan jarak yang cukup diatas baskom.
  • Tutupi kepala Anda dengan handuk untuk mencegah keluarnya uap air.
  • Biarkan posisi tersebut selama 10 menit, lalu keringkan kulit dengan handuk bersih tanpa digosok.

2. Memakai masker wajah

Masker putih telur sederhana sebagai masker alami untuk wajah berminyak dan berkomedo dapat menjadi cara mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan putih telur tidak terlalu sulit dilakukan. Pisahkan satu putih telur dengan kuningnya. Kocok telur sampai kaku, dan gunakan pada wajah Anda kecuali areamata dan hidung serta mulut. Bubuhkan masker agak banyak pada titik dimana terdapat komedo paling banyak. Biarkan masker mengering selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Hal – hal yang perlu diperhatikan adalah, jangan menggunakan mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo lain apabila dalam satu hari tersebut Anda telah melakukan satu cara tertentu. Melakukannya secara berlebihan tidak akan membawa hasil yang baik, justru dapat meninggalkan efek buruk pada kulit Anda. Perhatikan saran – saran ahli kecantikan Anda, juga hindari untuk memencet komedo dengan tangan karena dapat berisiko menimbulkan jerawat akibat bakteri dari tangan Anda. Hindari juga pemakaian produk wajah yang berbahan kimia keras untuk melindungi kulit wajah Anda dari kerusakan akibat bahan kimia berbahaya.

Siap miliki wajah yang cerah dan bersih dengan 20 cara mengecilkan pori – pori wajah dan menghilangkan komedo efektif

Satu hal lagi yang harus kalian ketahui pori-pori yang tersumbat, terbuka, dan membesar inilah yang biasanya menjadi penyebab munculnya dari jerawat dan komedo. Pori-pori besar, jika Anda orang yang sering keluar tentu akan menyebabkan debu, kotoran, dan bakteri menempel pada kulit sehingga pori-pori menjadi makin besar lagi.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kalian semua, tetap nantikan informasi lainnya yang akan kami berikan setiap harinya. Tetap jaga kesehatan dan kecantikan diri dan wajah kalian ya.

Related Search

author
Author: