15 Ciri-Ciri Kosmetik Palsu yang Wajib Anda Ketahui

Ciri-Ciri Kosmetik Palsu – Kosmetik adalah satu diantara keperluan untuk tiap-tiap wanita. Pemakaian kosmetik untuk saat ini malah makin bertambah dari th. ke th.. Ibaratnya kosmetik telah tidak dapat terlepas untuk seseorang wanita baik waktu ada dirumah maupun diluar tempat tinggal.

Tetapi jadi konsumen kosmetik Anda harus juga cermat serta cerdas dalam beli product kosmetik yang banyak di jual di market. Karna saat ini banyak temuan yang menyebutkan ada kosmetik palsu yang mengedar. Kosmetik palsu ini tampak nyaris sama juga dengan kosmetik yang aslinya. Tapi bila di perhatikan dengan cermat Anda juga akan lihat ketidaksamaan yang riil berbentuk tanda-tanda jadi di bawah ini :

15 Ciri-Ciri Kosmetik Palsu yang Wajib Anda Ketahui

15 Ciri-Ciri Kosmetik Palsu yang Wajib Anda Ketahui

1.Kemasan tidak sesuai gambar

Pertama ciri kosmetik palsu dapat diketahui dari kemasan produk tersebut. Kosmetik yang palsu kemasannya akan terlihat berbeda dari yang asli. Seperti logo, tulisan dan hologram dari produk asli jika diperhatikan jelas bedanya mulai dari logo yang letaknya tidak sesuai sampai dengan tulisan yang kabur. Untuk itu Anda bisa mengambil contoh kemasan produk asli dari website resminya untuk diperhatikan perbedaa tersebut. Bisa juga jika Anda pernah membeli produk yang asli akan terlihat sekali perbedaanya begitu di letakkan bersanding. Memperhatikan kemasan produk menjadi bagian terpenting yang harus Anda lakukan agar tidak salah membeli kosmetik yang palsu.

2. Nomor seri tidak ada

Bagian terpenting kedua dari suatu kosmetik adalah nomor seri, produk yang asli selalu mencantumkan nomor seri dari produk mereka di kemasannya dan juga botol produk. Sedangkan untuk kosmetik palus nomor serin jarang dicantumkan baik di kemasan ataupun botol produk. Ada juga yang hanya mencantumkan nomor seri pada kemasannya. Sedangkan di botol produk tidak terdapat nomor seri. Jika Anda menemukan hal seperti itu baiknya tidak menggunakan produk tersebut karena khawatir akan menimbulkan masalah pada kulit. Sebaiknya jika ingin membeli produk beli langsung pada toko resminya.

3. Badan BPOM

Sekarang ini banyak juga cream pemutih wajah yang aman yang dapat di cek pada situs Badan BPOM. Sebagai konsumen Anda juga harus memperhatikan ada tidaknya nomor Badan BPOM yang tertera di kosmetik tersebut. Jika ada jangan langsung mempercayainya, karena Anda perlu mengetes apakan nomor Badan BPOM itu memang terdaftar di situsnya. Cara mencarinya masu ke alamat webstie Badan BPOM, setelah itu masukkan nomornya di kolom pencarian. Jika muncul maka nomor Badan BPOM tersebut sudah terdaftar dan produk kosmetik ini adalah asli. Sebaliknya jika tidak muncul bisa jadi nomor tersebut hanya nomor acak yang sengaja di tempelkan pada produk kosmetik palsu.

4. Warna kosmetik berbeda

Bahan kosmetik yang berbahaya biasanya memiliki warna yang berbeda dengan yang aslinya. Pada umumnya kosmetik yang asli memiliki warna yang tidak begitu terang dan mencolok. Hal ini berbeda sekali dengan kosmetik palsu, umumnya kosmetik palsu memiliki warna yang mencolok. Karena komsetik palsu biasanya menggunakan bahan pewarna yang berbahaya bagi kulit. Jika melihat warna kosmetik yang berbeda dari biasanya bisa jadi kosmetik tersebut adalah komsetik yang palsu.

5. Aroma menyengat

Ciri dari kosmetik palsu yang kelima bisa diperhatikan dari aroma yang keluar dari kosmetik saat Anda menciumnya. Aroma untuk kosmetik asli memiliki aroma yang tenang dan nyaman saat dicium dengan hidung. Sedangkan untuk kosmetik yang palsu aromanya tercium sangat mencolok sekali dan tajam. Gunanya untuk kosmetik palsu adalah menyamarkan bau dari logam yang mereka gunakan didalam kosmetik. Jadi Anda sebagai konsumen harus waspada terhadap hal-hal yang tidak biasa pada kosmetik yang rutin Anda gunakan sehari-hari.

6. Tesktur dari kosmetik

Ciri kosmetik yang palsu keenam adalah dari tekturnya. Kosmetik yang asli memiliki tekstur yang pas tidak terlalu encer dan padat. Selain itu seluruh cream jika itu untuk kosmetik pagi dan malam semua menyatu dengan sempurna. Sedangkan untuk tekstur dari kosmetik yang palsu cenderung kadang encer sekali. Ada juga teskturnya yang padat sekali dari biasanya. Terlebih lagi ada pemisah antara minyak dan cream setelah botol kemasan dibuka. Jika Anda menemukan kosmetik seperti ini baiknya tidak usah digunakan karena merupakan kosmetik yang palsu.

7. Harga lebih murah

Produk make up untuk pemula biasanya lebih melirik harga yang murah. Ini biasanya ditemukan di toko-toko yang mengadakan cuci gudang atau diskon. Sebenarnya boleh saja jika Anda sebagai pemula tertarik untuk membeli produk yang sama dengan yang Anda cari namun dalam rentang harga yang berbeda. Tapi tetap harus diteliti bahkan dicurigai jika perbedaan harga yang ditawarkan sangat jauh sekali dari harga produknya yang tertera di website resmi. Bisa jagi harganya lebih murah karena produk tersebut bukanlah produk asli melainkan produk kosmetik yang palsu. Jadi Anda harus tetap waspada sebagai konsumen yang bijak dan pintar.

8. Tempat membeli

Ciri kosmetik yang palsu berikutnya adalah dari tempat membeli. Produk kosmetik yang asli selalu memiliki gerai yang terletak di kota-kota. Ataupun jika tidak memiliki gerai mereka selalu memiliki website yang bisa di beli secara online. Jadi Anda bisa membeli produk tersebut lewat online. Namun jika Anda tidak sengaja menemukan produk tersebut pada suatu tempat seperti toko-toko biasa, Anda patut waspada karena takut jika produk yang dijual merupakan produk kosmetik yang palsu. Karena cara perawatan wajah sehari-hari yang menggunakan kosmetik palsu akan membuat wajah bermasalah.

9. Iritasi kulit

Ciri kosmetik palsu yang kesembilan adalah dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Iritasi pada kulit mempunyai ciri-ciri kulit menjadi berwarna merah dan terasa gatal. Iritasi pada kulit biasanya terjadi akibat kandungan logam yang berbahaya yang terdapat didalam produk. Contoh kandungan berbahaya yang terdapat didalam kosmetik palsu yaitu hidroquinon dan merkuri. Kedua logam berbahaya ini dapat mengakibatkan kanker dan kerusakan organ dalam tubuh lainnya jika digunakan dalam waktu yang lama. Adapun cara mengatasi kulit alergi kosmetik adalah dengan menghentikan pemakaian produk kosmetik palsu tersebut.

10. Kulit menjadi hitam

Ciri kosmetik yang palsu berikutnya adalahdapatk menjadikan kulit berubah hitam. Kulit hitam terjadi akibat kandungan merkuri yang terdapat didalam kosmetik palsu tersebut. Penyebab kulit hitam tersebut karena terkikisnya lapisan epidermis kulit. Awal mulanya kulit memang akan terlihat lebih putih dan bersih. Namun kulit yang putih dan bersih ini sangat sensitif sekali pada sinar matahari. Setelah pemakaian beberapa minggu kulit mulai mengelupas dan berubah menjadi abu-abu. Baru terakhir kulit berubah menjadi warna hitam. Itu sebabnya sangat penting sekali bagi Anda waspada dalam pemilihan produk terutama harus tahu perbedaan produk kosmetik yang asli dengan produk kosmetik yang palsu. Karena efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan kosmetik palsu sangat berbahaya sekali dalam jangka waktu yang panjang.

11. Tidak ada jerawat pada kulit Anda

Penyebab wajah berminyak dan berjerawat dapat disebabkan karena aktifnya kelenjar minyak pada kulit terutama di usia remaja. Namun penggunaan kosmetik yang palsu dapat menyebabkan tidak munculnya jerawat pada kulit sama sekali. Dan masalah tidak munculnya jerawat pada kulit bukannya bagus namun bermasalah karena sudah tidak adanya melanin pada kulit wajah. Padahal melanin di kulit berguna untuk mencegah paparan sinar matahari yang berlebih pada wajah. Selain itu melanin juga berfungsi untuk memberikan warna pada kulit seseorang. Itulah salah satu ciri dari pemakaian kosmetik palsu pada kulit.

12. Pori wajah mengecil

Ciri kosmetik yang palsu berikutnya adalah membuat pori wajah tampak mengecil. Banyak sekali krim untuk mengecilkan pori-pori wajah yang dijual di pasaran. Namun perbedaan kosmetik yang palsu jelas memberikan efek yang lebih cepat dalam mengecilkan pori wajah dan hampir tidak terlihat sama sekali. Pori pada wajah berguna untuk sirkulasi udara dan tempat mengeluarkan keringat pada kulit. Dan masalah yang umum terjadi pda pori wajah adalah pori-pori yang terlihat besar. Pori wajah yang membesar bisa disebabkan karena produksi kelenjar minyak yang berlebih dan adanya kotoran yang menempel pada kulit wajah. Itu sebabnya dianjurkan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam sehari untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah.

13. Tidak ada tanggal kadaluarsa

Ciri kosmetik palsu yang ketiga belas yang wajib Anda ketahui adalah tanggal kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa berguna untuk menentukan kapan waktu terakhir produk boleh digunakan. Jika sudah melewati tanggal kadaluarsa maka ada baiknya produk tersebut tidak digunakan lagi. Pada produk kosmetik yang palsu tanggal kadaluarsa tidak ada atau jarang ada. Bahkan jikapun ada terdapat beberapa ciri kosmetik palsu lainnya yang dapat Anda jadikan patokan bahwa produk tersebut tidak boleh digunakan.

14. Anda merasa pusing

Setiap menggunakan produk yang asli kita sama sekali tidak merasakan efek samping apapun karena bahan yang digunakan umumnya aman dan alami. Sedangkan untuk kosmetik yang palsu terdapat beberapa efek samping yang dapat Anda rasakan salah satunya adalah merasa pusing setelah beberapa menit menggunakan produk kosmetik palsu tersebut. Selain itu perasaan pusing ini bisa menghilang saat Anda menghentikan pemakaian produk tersebut. Disamping itu bahan alami juga bisa menyebakan efek samping seperti efek samping masker jeruk nipis dan efek samping lemon untuk wajah. Meskipun berasal dari bahan alami kedua buah ini bisa menyebabkan kulit terasa perih saat dioleskan pada wajah. Terlebih lagi jika wajah mengalami luka luar.

15. Ketergantungan

Ciri kosmetik palsu yang terakhir adalah membuat kulit menjadi ketergantungan. Ketergantungan pada kulit dapat disebabkan karena efek bahan berbahaya yang terkandung didalam produk kosmetik. Efek samping dari ketergantungan pada kosmetik palsu membuat Anda harus menggunakan produk tersebut secara terus menerus. Karena jika Anda tidak menggunakannya lagi akan memicu timbulnya bintik hitam pada wajah Anda. Selain itu bintik hitam pada wajah akan mengakibatkan kulit wajah perlahan menjadi hitam. Cukup berbahaya juga efek samping dari kosmetik palsu jika digunakan dalam waktu yang lama.

Nah, itulah beberapa uraian penjelasan mengenai ciri ciri kosmetik palsu pada kulit wajah dan kulit tubuh. Karena besarnya efek samping yang harus Anda tanggung lebih baik sebelum membeli suatu produk kosmetik di teliti terlebih dahulu dengan baik.

Related Search

author
Author: